Jumat, 27 November 2009

Bahasa Indonesia Kini

Bahasa Indonesia Kini


Penggunaan bahasa Indonesia di era globalisasi kini semakin mengkhawatirkan. Bagaimana tidak mengkhawatirkan bila hampir dari semua kalangan masyarakat tak lagi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Mulai dari kalangan keluarga, masyarakat, sekolah, perkantoran, maupun di pemerintahan itu sendiri.

Menurut penilaian saya sekarang ini penggunaan bahasa Indonesia di kalangan masyarakat Indonesia sendiri kurang begitu baik, mengapa saya katakana demikian ???

Tentu kita sering mendengar orang-orang berbicara tidak mengguanakan bahasa indonesia dengan semestinya ( yang baik dan benar), sering juga kita mendengar orang yang lebih muda berkata ( menggunakan bahasa) yang kurang sopan terhadap yang lebih tua, contohnya berbicara kepada yang lebih tua menggunakan sebutan “LU-GUE”, coba pikirkan baik-baik apakah itu pantas ???

Menurut saya itu tidak etis dan tentu saja tidak sopan. Penggunaan bahasa Indonesia yang salah tidak hanya terletak dalam perkataan tetapi dalam penulisan pun sering kita temukan banyak terdapat kesalahan penulisan, seperti salah ejaan dan banyak terdpat kata-kata yang disingkat (seharusnya tidak disingkat). Coba kita berpikir kembali ketika kita belajar bahasa asing apakah jika terdapat ejaan mempunyai arti yang berbeda ?? tentu saja, begitupun sama halnya dengan bahasa Indonesia. Mengapa masih banyak orang dalam berbica dan menulis masih sering menggunakan bahasa yang tidak baik ?? jawabannya singkat, karena kita orang Indonesianya sendiri tidak membiasakan tidak membiasakan menggunakan secara benar bahasa Indonesia itu sendiri. Sebenarnya dikalangan sekolah dari mulai TK sampai dengan Perguruan Tinggi guru (dosen) masih perlu mengingatkan dan membiasakan anak-anak muridnya untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar, apalagi kita sebagai warga Indonesia wajib menggunakan bahasa tersebut dengan benar. Belum tentu orang Indonesia pandai berbahasa Indonesia, mengapa saya sebut demikian karena belum tentu dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan benar. Jangan salah, banyak diantara orang asing yang datang ke Indonesia mereka bersusah payah untuk belajar bahasa Indonesia, seharusnya kita bangga dan tugas kita sebagai warga Negara Indonesia adalah tetap melestarikan, membiasakan dan menggunakan bahasa Negara kita ini (Indonesia) dengan baik dan benar. Mari kita mulai dari sekarang menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Banyak faktor yang menyebabkan bahasa Indonesia yang baik dan benar sudah jarang sekali di gunakan salah satunya keluarga. Keluarga ialah tempat kita pertama kali belajar segala hal termasuk bahasa. Jika di lingkungan keluarga kita saja sudah tak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik maka bagaimana dengan kelanjutannya di ruang lingkup yang lebih luas. Faktor lainnya ialah teman bermain, mengapa ?

Karena kita lebih banyak menghabiskan waktu kita dengan teman- teman kita di bandingkan dengan keluarga. Faktor ketiga ialah Globalisasi yang sangat cepat merubah gaya hidup seseorang, seperti tayangan- tayangan di televisi yang kebanyakan dari mereka tidak menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Bahasa Indonesia kini telah tergantikan oleh bahasa yang telah di akui oleh masyarakat seperti bahasa gaul yang sering sekali digunakan di kehidupan sehari-hari. Tak hanya anak-anak maupun remaja terlebih lagi orang tua pun banyak sekali yang menggunakan bahasa gaul ini.

Menurut saya sudah saatnya membenahi bahasa bangsa kita yang seharusnya menjadi pemersatu bangsa. Tidak akan aneh bila beberapa tahun kedepan generasi kita nantinya tidak akan mengenal bagaimana berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Bagaimana bisa kita mengaku sebagai Warga Negara Indonesia tetapi kita tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik. Apa kata bangsa lain tentang Negara kita ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar